Sempatkah Anda mengetahui saat dalam kehidupan Anda waktu sikap jelek menolong Anda menangani problem Anda? Bagaimana dengan orang yang lain yang Anda kenal yang berkeliling-keliling dengan awan diatas kepala mereka, menginginkan hujan turun pada mereka setiap waktu? Apakah sikap jelek mereka melawan badai?
Dengan pribadi, saya tidak bisa pikirkan kapan juga di waktu dulu saya saat sikap jelek saya memecahkan problem atau problem yang saya hadapi. Bila ada, sikap yang saya bawa membawa semakin banyak kesengsaraan, serta minimnya pemikiran yang pasti yang dapat menolong saya melakukan perbaikan kondisi.

Mempunyai sikap jelek memengaruhi harga diri, ketentuan, serta pilihan hidup saya. Negatif membuatku takut juga akan hidup serta apa yang berada di depanku di hari esok. Tak tahu bagaimana, bagaimanapun, sikap saya beralih, karna pernikahan saya, kelahiran anak perempuan saya ; Serta kematian saudara lelaki hanya satu, diantara pengalaman hidup yang lain.

Saya hingga pada dasarnya dalam kehidupan dimana saya katakan pada sendiri, ” Ini bukanlah latihan baju, Nak, ini hidup, bila Anda juga akan menjalaninya, Anda mungkin saja dapat juga hidup dengan baik. ” Jadi saya pilih perspektif baru. Ini bekerja buat saya. Saya tidak takut dengan apa yang berada di depan, serta saya hadapi hidup dengan sikap ” pesimis aktif “. Saya mungkin saja mengeluh, mengkritik serta memperoleh komentar mengenai beberapa hal yang berlangsung, namun lalu saya ambil aksi serta lakukan suatu hal untuk mengerjakannya (bila saya dapat). Kadang-kadang tak ada yang dapat saya kerjakan terkecuali membiarkan badai naik.

Saya percaya Anda sempat lihat beberapa orang yang terus-menerus mengeluh mengenai menambahnya umur, yang berikan makan stereotip umur tua, serta siapa yang memakai umur jadi argumen membiarkan badan serta fikiran mereka terbuang percuma. Saya sempat memandangnya sendiri, pada beberapa orang berpuluh-puluh th. lebih muda dari saya. Begitu langkah yang mengerikan untuk menua!

Penuaan vital memerlukan sikap yang diberdayakan.

Saya bukan sekedar menarik keyakinan itu dari atas kepalaku. Peneliti serta peneliti penuaan sudah tunjukkan kalau sikap seorang memengaruhi sistem penuaan mereka. Banyak riset sudah tunjukkan kalau :
• Orangtua yang yakin pada stereotip penuaan positif hidup lebih lama dari pada mereka yang yakin pada stereotip negatif.
• Orangtua dengan sikap positif lebih memerhatikan dianya, serta mungkin saja pulih dari penyakit/cedera lebih cepat.
• Orangtua yang tetaplah ikut serta dalam kehidupan (mis., Dengan evaluasi seumur hidup) mempunyai kwalitas hidup yang lebih tinggi dari pada mereka yg tidak.
• Kerapkali, orangtua lebih bahagia dari pada orang dewasa muda. (Hadapilah, kita ketahui kita mempunyai sedikit saat di bumi ini, jadi perlu untuk memakainya sebaik-baiknya!)

Kenapa ” memperoleh ” lebih tua waktu Anda dapat ” tumbuh ” lebih tua? Apabila Anda menjangkau umur 40, atau 50, bebaskan pemikiran ” diatas bukit “. Mulai naik sekali lagi. Ada bukit baru untuk menantang Anda. Ganti perspektif Anda. Bebaskan stereotip itu. Berhenti mengeluh. Menjadikan kesehatan fisik serta mental jadi prioritas. Melawan ageism. Tetaplah tersambung. Tertawa terbahak-bahak. Tetaplah fleksibel. Selalu belajar. Bertanggungjawab atas hidupmu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *