Tips Merawat Aki Mobil Secara Tepat dan Benar

Tips Merawat Aki Mobil Secara Tepat dan Benar – Aki adalah salah satu spare part yang paling vital yang berfungsi sebagai sebagai pemasok arus listrik di mobil/kendaraan bermotor. Tetapi, tidak sedikit pemilik mobil yang menganggap suku cadang ini kurang begitu penting, bahkan biasanya diabaikan. Padahal accu juga perlu diperhatikan dan mendapat perawatan yang rutin, supaya dapat berumur panjang.

Di samping sistem kelistrikan di dalam mobil menjadi terganggu, gejala accu yang sudah tidak betul atau tidak optimal dan bermasalah adalah sinar lampu depan yang menjadi buram / tidak terang. Bagian yang terburuk, mobil tidak bisa dinyalakan karena mesin tidak sanggup di-starter.

Tips Merawat Aki Mobil Secara Tepat dan Benar

Menurut Pak Toha, seorang mekanik yang berpraktek di bengkel Pit Stop di kawasan Jaktim Jakarta Timur, untuk mencegah kerusakan-kerusakan tersebut dan menjaga aki berumur panjang ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Pastikan terlebih dulu bahwa semua kelistrikan yang disupport oleh aki, seperti lampu – lampu, power window, alarm, klakson dan listrik-listrik yang lainnya, tidak bermasalah.

“Bila tidak ada kerusakan / kebocoran yang berhubungan dengan kelistrikan, tinggal melakukan perawatan rutin, seperti cek air aki. Jika air akinya kurang, tambahkan sesuai ukuran, lalu cek terminal aki jangan sampai kendor. Jika timbul pengkaratan atau korosi di kepala aki cukuplah dibersihkan dengan air panas, dan gosok pakai sikat gigi supaya kotorannya hilang,” begitu seperti yang dijelaskan oleh Toha.

Dan Perlu juga diingat, penggunaan perangkat mobil yang berkaitan dengan suplai listrik dengan daya yang tinggi atau terlalu berlebihan, seperti memasang sound system dengan ekstrem, tentulah akan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan aki atau dapat membuat accu tekor. Gunakan suplai daya listrik sesuai kapasitas dan kebutuhan, agar accu anda lebih awet dan tahan lama.

Demikianlah artikel mengenai Tips Merawat Aki Mobil Secara Tepat dan Benar , mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk anda, memberikan insight yang positif untuk perawatan aki mobil anda supaya awet dan tentu saja menjadi hemat biaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *