Tips Menulis Opini dan Feature

menulis opini dan feature

Sebelum memulai untuk berlatih membuat opini dan feature, sebaiknya Anda pahami terlabih dahulu apa yang dimaksud dengan opini atau feature. Opini adalah jenis tulisan yang berisi ulasan, gagasan, atau kritik terhadap persoalan yang sedang berkembang di masyarakat dan ditulis dengan bahasa ilmiah yang populer. Artinya, opini dapat ditulis dengan mengedepankan pemahaman bagi masyarakat umum. Sebagai contoh, persoalan di tengah masyarakat mengenai kualitas pendidikan yang kurang baik, negara yang penuh dengan koruptor, bencana yang tengah mendera negeri, mental pejabat yang tidak dapat diandalkan, atau kejadian terorisme yang saat ini sedang booming di kalangan publik dapat dijadikan sebagai tema untuk membuat opini.

Sementara itu, feature merupakan karangan kreatif yang dirancang untuk memberikan informasi kepada pembaca, sekaligus menghibur. Tema yang diambil dalam feature ini biasanya berkisar tentang kejadian, situasi, atau kondisi kehidupan seseorang. Dalam persuratkabaran, feature biasanya disebut juga berita ringan yang berarti pula kisah di balik berita. Sebagai contoh, kisah penjual minyak di pengungsian bencana, cerita masa kecil atlet sukses, atau kisah perjalanan seorang traveler yang bisa berkeliling dunia tanpa biaya.

Rambu-rambu Penulisan Artikel Opini dan Feature

Dalam menulis artikel seperti yang biasa dilakuakan di jasa penulisan artikel, baik berbentuk opini maupun feature, dibutuhkan pemahaman terhadap rambu-rambu penulisan. Meskipun semua perosalan dan kejadian di wilayah publik dapat ditulis menjadi opini, namun hal yang paling penting adalah:

  • Persoalan aktual yang diangkat adalah perosalan yang menjadi perhatian publik.
  • Masalah yang diangkat tidak menimbulkan fitnah, hasutan, atau adu domba.
  • Tulisan tidak hanya menjelaskan duduk permasalahan, tapi juga sekaligus memberi solusi persoalan.

Teknik Menulis Opini dan Feature

Dalam menulis opini dan feature, terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai. Pertama, temukan masalah yang akan ditulis berdasarkan dengan pengalaman maupun tinjauan pustaka. Setelah itu, lengkapi permasalahan dengan referensi lain yang relevan. Untuk penulis yang baru belajar, diskusikan isu yang akan diangkat dengan pakarnya. Artikel opini dan feature yang dibuat harus berdasarkan fakta dan daa. Jangan lupa untuk memberi saran dan pemecahan terhadap permasalahan yang diangkat. Tulisan juga harus mencantumkan sumber kutipan jika menggunakan pendapat orang lain.

Sementara itu, dalam aktualisasi opini, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana kejadian paling marak yang ada di tengah-tengah masyarakat seperti halnya wabah, unjuk rasa, demo kenaikan gaji, mahalnya biaya pendidikan, kekejian ISIS terhadap korbannya, dan lain sebagainya.

Aktualitas opini dan feature juga dapat mengangkat tema yang berkaitan dengan hari besar nasional dan internasional, misalnya hari AID/HIV, hari tanpa asap rokok, pramuka, Hari Raya Idul Fitri, hari pendidikan, hari ibu, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *