Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris TOEFL Preparation

Ikut program kelas bahasa Inggris, seperti TOEFL preparation class menjadi wajib kalau kamu bercita-cita tinggal di negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Fasih berbicara Inggris saja belum tentu cukup, apalagi kalau kamu bermaksud studi atau karier di luar negeri. Kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris mandiri, tapi di tempat kursus kamu akan belajar lebih dari sekadar speaking. Banyak tempat kursus bahasa Inggris di luar sana, maka tak heran kalau kamu bingung menentukan pilihan. Sebelum kamu lanjut ke tempat kursus bahasa Inggris pilihan, pertimbangkan hal di bawah ini.

Memilih kelas berkapasitas kecil bagus untuk konsentrasi sekaligus mengenal semua teman kursusmu. (Foto: Pixabay)

 

Kenali Kebutuhanmu

Sebelum memantapkan pilihan ke satu tempat kursus, pastikan dulu kebutuhanmu. Kebutuhan di sini ialah, apa tujuanmu mengikuti kursus bahasa Inggris—apakah ingin memperlancar speaking, atau mempersiapkan diri untuk tes masuk studi ke luar negeri? Dengan demikian, kamu bisa mengerucutkan tempat kursus bahasa Inggris di lokasi terdekat sesuai program penawaran. Misalkan, jika kebutuhanmu adalah lulus TOEFL dengan skor tinggi, kursus TOEFL preparation bisa jadi pilihan utama.

Pengajar Native Speaker

Fasih berbahasa Inggris tak cukup dengan menguasai vocab dan grammar saja. Saat cita-citamu untuk belajar di luar negeri tercapai, berbicara bahasa Inggris dengan tepat akan menghindarkanmu dari kerancuan sehingga komunikasi lancar. Sebab itu, pilihlah tempat kursus dengan native speaker yang memang berbahasa Inggris dalam kesehariannya. Dengan demikian, kamu bisa belajar pelafalan, aksen bicara, gaya bicara, dan penggunaan bahasa yang tepat.

Kurikulum Internasional

Pilihlah tempat kursus bahasa Inggris yang menerapkan kurikulum internasional, semisal Edupac-Kaplan. Dengan kurikulum internasional, program belajar yang kamu dapatkan pun lebih terstruktur, jelas, target-oriented, dan dikenal luas karena diterapkan juga di luar negeri. Ditambah, kurikulum internasional biasanya lebih advanced daripada dalam negeri. Jadi, segala test preparation bahasa Inggris yang kamu ikuti akan lebih mantap.

Kelas Kecil yang Lebih Personal

Saat kamu belajar bahasa Inggris di kelas yang sedikit siswa, ilmu yang disampaikan pengajar lebih ‘masuk’. Konsentrasimu terjaga sehingga kesempatan menggali informasi yang lebih baik bisa kamu dapatkan. Selain itu, kelas kecil memungkinkan kamu berkenalan dengan seluruh siswa dan pengajar, baik secara profesional maupun personal.

Berpengalaman

Tempat kursus bahasa Inggris yang telah berpengalaman lama memahami seluk beluk dunianya. Pilihlah kursus yang tak hanya menyediakan preparation dasar, seperti TOEFL preparation dan IELTS, tetapi juga yang mempersiapkanmu untuk masuk perguruan tinggi spesifik, seperti GMAT dan SAT