Tahap Kepenulisan yang Perlu Diketahui

tips penulisan

Dalam dunia kepenulisan, terdapat tiga tahapan menulis yang perlu diketahui. Tahap-tahap tersebut meliputi prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.

  1. Tahap prapenulisan

Pada tahap ini, penulis harus dapat mencari pokok permasalahan yang akan ditulis, kemudian mencari referensi yang relevan dengan pokok permasalahan yang akan dibahas, dan menyiapkan outline untuk pedoman penulisan. Penulis juga harus memiliki kebiasaan menulis apa yang dibaca, dilihat, didengar, dirasakan, serta apa yang dialaminya sehingga penulis dapat menuliskan gagasan pokok, paragraf pernyataan, menyalin teks, dan lain sebagainya. Poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah:

  • Gagasan pokok
  • Permasalahan
  • Referensi atau pendapat yang digunakan
  • Kemungkinan adanya referensi lain
  • Pengalaman yang sesuai dengan gagasan pokok
  • Informan atau narasumber yang bisa dimintai keterangan

 

  1. Tahap penulisan

Setelah tahap prapenulisan dilakukan, barulah Anda sampai ke tahap penulisan yang dilakukan dengan membuat draft tulisan. Hal yang harus diperhatikan pada tahap ini adalah bagaimana Anda menggunakan Bahasa Indonesia yang terkesan sederhana dan mudah dipahami, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Perhatikan kelengkapan subjek-predikat, gaya bahasa yang digunakan, pilihan kata, penataan paragraf, tanda baca, dan ejaan agar tulisan enak dibaca dan mudah dipahami.

  • Kesesuaian gagasan pokok dengan isi konten
  • Kesesuaian judul dengan gagasan pokok
  • Tulisan rapi

 

  1. Tahap Pascapenulisan

Setelah draft tulisan selesai dikerjakan pada tahap kedua, tahap selanjutnya pascapenulisan adalah proses editing atau revisi yang berhubungan dengan keamanan tulisan, penggunaan kalimat, bentukan dan pemilihan kata, pemakaian tanda baca, dan ejaan.

Jenis-jenis Artikel

Selain mengetahui tahapan kepenulisan, penulis juga sebaiknya mengetahui jenis-jenis artikel apa saja yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Artikel pengetahuan popular, yaitu artikel yang dapat dibaca siapa saja, menarik, dan mudah dimengerti sehingga masyarakat senang membacanya. Contoh artikel dengan pengetahuan popoler ini biasanya mengenai temuan penelitian, potret pendidikan, sejarah, dan
  2. Artikel penuntun praktis (guideline), yaitu artikel yang bertujuan untuk memberi petunjuk kepada pembaca mengenai sesuatu. Misalnya saja, artikel dalam merawat kecantikan, kiat sukses mengelola keuangan, kiat-kiat menolong korban, cara-cara pembagian kerja di rumah, dan lain sebagainya.
  3. Artikel politik, yaitu artikel yang isinya menyoroti persoalan dari dimensi politik. Misalnya saja, penulis dapat menginterpretasi permasalahan politik kasus perusakan lingkungan hidup, kebijakan pendidikan, kebijakan ekonomi, kebijakan pertahanan, dan sosial budaya.
  4. Artikel olahraga, yaitu artikel yang berisi konten tentang praktik olahraga, prestasi, tokoh olahraga, dan hal lain berkaitan dengan pelaku dan kegiatan olahraga.

Artikel kebudayaan, yaitu artikel untuk sastrawan, seniman, atau penulis yang ingin memaparkan persepsi serta analisis mereka terhadap peristiwa yang berkaitan dengan budaya. Misalnya saja, tulisan tentang keuntungan dan kerugian melakukan diplomasi budaya, artikel tentang persepsi hukum adat, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *