Nilam Sari ~ Entrepreneur Berhasil Founder Kebab Turki Baba Rafi yang Tidak Gampang Berpuas Diri

Kuliner kebab memanglah telah tidak asing lagi di Indonesia. Sebagian pelaku usaha lokal memanglah berniat pilih kuliner asal timur tengah ini untuk coba peruntungannya. Akhirnya tidak percuma usaha kuliner kebab ini nyatanya memperoleh tanggapan yang baik dari customer Indonesia.

Satu diantara pelaku usaha kebab yang sudah berhasil menggerakkan usaha ini yaitu Nilam Sari. Dengan mengusung brand “Baba Rafi”, Nilam menghidangkan kebab Turki yang menggugah selera. Lantas seperti apakah cerita wanita yang mengawali usaha ini dari umur 20-an serta menggerakkan kebab Turki Baba Rafi ini? Tersebut penjelasannya.

sukses-usaha-kebab

> Nama Baba Rafi

Nama Baba Rafi sendiri yaitu nama anak pertama dari Nilam. Wanita yang menikah muda saat kuliah ini memanglah seperti dituntut untuk dapat mandiri, terlebih sesudah miliki anak. Jadi dari sini Nilam serta suami juga berkemauan untuk dapat membuahkan duit sendiri serta tak memakai sarana yang didapatkan orangtua. Pada akhirnya, mereka juga coba usaha sendiri.

> Awal Usaha Nilam Sari

Usaha awal yang digerakkan Nilam serta suami bertaraf kecil dengan Gerobak Unik yakni berjualan burger, hot dog serta nugget. Modalnya usahanya sendiri didapat Nilam dari duit nikahan dari beberapa orang yang berikan. Walau sesungguhnya usaha awal Nilam ini cukup untungkan, tetapi usaha memiliki konsep gerobak ini pada akhirnya mesti gulung tikar lantaran tak dapat berkompetisi dengan brand burger yang saat itu jadi trend kuliner di Surabaya.

Usaha kebab yang lalu mengantarkan Nilam meraih suskes yang sendiri didapat tanpa ada kesengajaan. Sebab inspirasinya didapat Nilam saat ia lakukan perjalanan ke Qatar sekitaran satu bulan. Disana, pasangan suami istri ini kembali memperoleh ide usaha kebab sesudah lihat sebagian penjual kebab di sekitaran Qatar.

> Mengolah Kebab ala Baba Rafi

Sesudah memperoleh inspirasi serta ide dari perjalanan ke Qatar, Nilam segera mengaplikasikannya di Indonesia. Tetapi uniknya, Nilam tak bikin kebab yang seperti didapati di Qatar, namun ia mengolah serta memodifikasi kebab itu dan sesuaikan dengan lidah Indonesia. Dari kreativitasnya ini lahirlah Kebab ala Baba Rafi yang bercita rasa Indonesia.

Tetapi walau sudah sesuaikan dengan lidah Indonesia tidak lalu product Baba Rafi segera dapat di terima orang-orang. Pasalnya orang-orang memanglah banyak yang belum familiar dengan makanan satu ini.

Walau sekian, Nilam tidak patah arang, Ia serta suaminya lalu jadikan masalah ini sebagai tantangan untuk mengedukasi marketnya. Hasil perjuangan edukasinya juga pada akhirnya menghasilkan suatu hal, perlahan-lahan orang-orang mulai penasaran dengan kebab Nilam, serta lama-lama pada akhirnya kebab Baba Rafi juga semakin digemari oleh customer. Bermula dari satu gerobak serta modal Rp 4 juta, Hendi serta Nilam pada akhirnya dapat beli ruko sendiri, sampai pada akhirnya gedung kantor seperti saat ini.

Sesudah berhasil menggerakkan usaha Kebab Baba Rafi dengan cara terpusat, jadi lalu Nilam buka #franchise atau waralaba untuk umum. Tidak dinyana, tawaran waralaba memiliki konsep gerobak yang di menawarkan Nilam lalu mengantarkan dianya jadi pionir franchise industri kecil atau gerobakan. Saat ini, Kebab Turki Baba Rafi sendiri sudah memiliki kian lebih 1000 outlet yang menyebar di semua Indonesia dengan 1. 500-an pegawai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *