screenshot_20

Libur akhir minggu sebentar lagi tiba. Banyak yang pilih untuk istirahat dirumah, namun seringkali ada yang lebih sukai liburan memakai kendaraan pribadi.

Satu diantara moda transportasi favorite orang-orang untuk liburan yaitu sepeda motor. Lalu, adakah persiapan spesifik yang perlu dikerjakan sebelumnya meniti perjalanan jauh itu, terutama pada sepeda motor?

Zainul Furqon, yang memiliki bengkel Banewmas Motor yang terdapat di Depok, Jawa Barat, menyampaikan kalau yang terutama yaitu mengecheck keadaan fisik kendaraan. Bila ada yang rusak atau tidak cocok, sebaiknya diperbaiki atau ditukar lebih dahulu.

” Panduan untuk perjalanan jauh cukup teliti kelengkapan fisik motor serta fisik si ingindara. Itu saja yang utama, ” tutur pria yang akran disapa Inul, pada Liputan6. com, Selasa (3/5/2016).

Sebagian komponen yang harus di check yaitu lampu, baik depan serta belakang, aki, dan rem. Yakinkan komponen ini bekerja dengan baik. Lantas, bila jarak tempuh nyaris meraih batas pergantian oli, jadi sebaiknya cairan ini dapat ditukar. Yakinkan juga kerenggangan rantai telah sesuai sama.

Sesaat Isal, anggota New Vixion Lightning Family (NVLF), juga merekomendasikan supaya bikers tahu dahulu keadaan jalanan yang bakal dilewati. Ini terkait dengan desakan ban yang perlu disetel.

” Cermati juga keadaan jalan yang bakal dilewati. Umumnya bila saya, di jalan aspal bakal kurangi desakan ban dibawah standard normal. Ini supaya ban lebih ‘menggigit’ ke aspal (traksi), ” tutur Isal.

Bila tidak ingin ribet, Isal merekomendasikan supaya bikers datang ke bengkel terpercaya. ” Umumnya bila ke bengkel, saya tinggal katakan saja, untuk setting harian atau touring, cuaca panas atau hujan. Mekanik yang pakar umumnya telah tau harus bagaimana, ” terangnya.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com/