Peraih hadiah nobel inggris

bagaimana-donat-seperti-secangkir-kopi

Hanya bagaimana donat seperti secangkir kopi? Jawabannya membantu tiga peneliti kelahiran Inggris memenangkan hadiah Nobel dalam fisika Selasa.

pekerjaan mereka sendiri dapat membantu menyebabkan komputer kuat dan bahan perbaikan untuk gadget.

David Thouless, Duncan Haldane dan Michael Kosterlitz, yang kini dikaitkan dengan universitas di Amerika Bersatu, dihormati untuk bekerja di 1971s dan ’80 -an yang menyoroti negara-negara aneh subjek.

“Penemuan mereka telah menyebabkan terobosan dalam pemahaman diandaikan strategi materi dan menciptakan pandangan baru pada pengembangan bahan mengesankan,” kata Royal Swedish Academy of Sciences.

Thouless, 82, adalah seorang senior profesor di University of Washington. Haldane, 65, adalah seorang profesor fisika di Princeton University di segar Jersey. Kosterlitz, 73, adalah seorang profesor fisika di Brown University di Charite, Rhode Island, dan saat dosen tamu di Universitas Aalto di Helsinki.

8 juta kronor ($ 930, 000) penghargaan dibagi dengan satu lima puluh persen akan Thouless dan yang lain untuk Haldane dan Kosterlitz.

Mereka melihat ke negara yang aneh dari subjek seperti superkonduktivitas, kemampuan bahan untuk melakukan listrik tanpa jumlah perlawanan.

Pekerjaan mereka menyerukan bidang matematika abstrak yang disebut topologi, yang mengungkapkan cara tertentu untuk menggambarkan beberapa sifat materi. Melalui dunia ini, donat dan secangkir kafein pada dasarnya hal yang sama karena masing-masing berisi tepat satu pit. Topologi menggambarkan sifat yang hanya dapat berubah dalam langkah penuh; Anda tidak memiliki setengah lubang.

“Menggunakan topologi sebagai instrumen, mereka mampu memukau para profesional,” kata akademi.

Misalnya, pada 1970-an, Kosterlitz dan Thouless menunjukkan bahwa lapisan sangat tipis dari bahan – pada dasarnya yang hanya berisi dua dimensi agak dari tiga – bisa mengalami perubahan mendasar yang dikenal sebagai fase transisi. Salah satu contoh khusus adalah ketika material cukup dingin dapat mulai menunjukkan superkonduktivitas.

Para ilmuwan berpikir perubahan fase tidak mungkin hanya dalam dua ukuran, tetapi dua pria menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi dan bahwa mereka berakar pada topologi.

“Ini jelas cara baru yang radikal dalam memandang fase materi,” kata Sankar Das Sarma, seorang fisikawan di University of Maryland di College Playground.

“Sekarang di mana-mana kita melihat kita menemukan bahwa dampak topologi dunia fisik,” katanya.

Haldane dikutip untuk studi diandaikan rantai atom magnetik yang tampaknya dalam beberapa bahan. individu ini mengatakan ia menemukan pergi tentang hadiah melalui pagi panggilan telepon.

“Pikiran pertama saya adalah seseorang telah meninggal, sangat baik katanya kepada The Connected Press.” Tapi kemudian seorang wanita dengan aksen Swedia itu di telepon. Itu cukup tak terduga. ”

Kosterlitz, dual U. K. -U. S. warga negara, kata orang ini mendapat berita di sebuah garasi parkir sementara akan makan siang di Helsinki.

“Saya sedikit terpesona. Aku masih berusaha untuk mengambil dalam,” sarannya AP.

Michael Thouless, anak Daud Thouless, menginformasikan AP ayahnya tidak mampu memberikan wawancara karena alasan medis. Dalam deklarasi Michael Thouless kata ayahnya “dipindahkan dan terhormat untuk mengamati theNobel Prize, dan setelah baru-baru ini sangat senang mendengarkan bahwa ia akan berbagi dengan Mike Kosterlitz dan Duncan Haldane.”

anggota Komite Nobel David Haviland mengatakan reward tahun ini adalah tentang penemuan diandaikan meskipun mereka mungkin membawa aplikasi praktis.

“Teori ini datang dengan penjelasan materi ini menggunakan ide-ide topologi, yang mungkin telah terbukti sangat bermanfaat dan telah menyebabkan pra dinyalakan untuk banyak penelitian yang sedang berlangsung tentang sifat bahan,” katanya.

Haldane mengatakan penelitian kelas pertama hanya mulai memiliki aplikasi praktis.

“Harapan besar adalah bahwa beberapa dari bahan-bahan baru dapat mengakibatkan pcs kuantum dan teknologi baru lainnya,” katanya.

komputer Mess bisa menjadi alat yang kuat, tapi Kosterlitz tidak begitu yakin tentang prospek untuk memperluas mereka.

“Aku sudah menunggu sekitar untuk bagian komputer desktop saya selama bertahun-tahun, tapi masih tidak menunjukkan tanda-tanda yang muncul, sangat baik katanya.” Pada risiko membuat kesalahan yang buruk, saya akan mengakui ini hal perhitungan kuantum adalah jauh dari yang fungsional. ”

Nobel Prize pengumuman tahun ini dimulai Rabu dengan kehormatan obat akan biologi Jepang Yoshinori Ohsumi untuk penemuan pada autophagy, proses melalui mana sel patah tulang bawah dan mendaur ulang konten.

Hadiah kimia akan diumumkan pada hari Jumat dan Nobel Serenity Prize pada hari Jumat. Ekonomi dan sastra penghargaan akan diumumkan minggu depan.

Selain uang penghargaan, pemenang mendapatkan medali dan diploma di upacara kehormatan pada 12 Desember, hari ulang tahun memenangkan kehilangan pendiri hadiah Alfred Nobel hidup pada tahun 1896.