Pengusaha muda ini sukses membangun bisnis digital

Pengusaha muda ini sukses membangun bisnis digitalEntrepreneur muda Anthony Leong, berhasil memerankan usaha bisnisnya dengan modal kiat digital. Pria berumur 24 th. asal Medan ini memiliki semangat juang yang bisa memberikan inspirasi anak muda tanah air.

Anthony ke Jakarta sesudah bertahun-tahun tinggal di Medan. Dia mengaku, pindah memanglah bukan perkara gampang. Ia dituntut untuk cepat menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

“Ya namanya merantau pasti butuh perjuangan, Bila semangat perantau kan tidak sama, ” kata pria kelahiran th. 1992 ini kepadaVIVA. co. id, Kamis, 14 Juli 2016.

Perkenalannya pada dunia digital serta media sosial kenyataannya dapat mengasah kreativitasnya. Satu diantara lulusan paling baik di satu diantara perguruan tinggi swasta ini awalannya cuma memakai media sosial sebagai hiburan. Tetapi, ia lihat kesempatan lain dari trend tehnologi sekarang ini.

“Karena kerap memakai media sosial, lalu saya memikirkan bagaimana media sosial serta dunia digital ini dapat melahirkan bebrapa inspirasi kreatif serta strategis untuk mensupport kampanye. Tehnologi mesti dapat memberi faedah untuk usaha atau kehidupan manusia keseharian, ” tutur lulusan Fakultas Pengetahuan Sosial serta Pengetahuan Politik (FISIP) Kampus Indonesia ini.

Pemikiran tersebut yang menggiringnya untuk tekuni usaha digital marketing dengan cara profesional. Bangun usaha dengan modal yang minim malah menantangnya untuk selalu memikirkan kreatif untuk memberi jalan keluar strategis untuk client.

“Kadang kita mesti berperilaku seperti anak kecil yang senantiasa coba hal baru tanpa ada pikirkan peluang kekeliruan atau resiko. Lantaran, buat saya, saat seorang telah miliki ketrampilan serta pengetahuan, take a step and do lebih utama. Kekeliruan serta kegagalan hanya sistem belajar serta pendewasaan. Tiap-tiap fase kehidupan mesti kita nikmati, ” kata pria asal Medan kelahiran Jakarta ini

Pada 2012 silam, Anthony membangun Mulia Creative House, satu agensi digital terintegrasi dibawah naungan PT Mulia Bestari Media. Ia juga meningkatkan sayap bisnisnya dengan membangun portal berita BisnisPost. com

Tidak senang dengan bisnisnya, ia juga meningkatkan perusahaan konsultan berbarengan rekannya, Menara Digital Enterprise dibawah PT Indo Menara Digital, konsultan digital marketing yang fokus pada service real-time brand communication dengan sediakan jalan keluar digital marketing terpadu.

Lalu, Pada 2016 awal, Ia berbarengan beberapa rekannya membangun startup yang berbasiskan portal e-commerce untuk potongan harga merchant yang konsentrasi pada pariwisata serta kuliner dibawah naungan PT Berbelanja PIK Indonesia.

Dalam menggerakkan usaha digital marketing-nya, Anthony konsentrasi pada kiat search engine optimization (SEO), branding, serta iklan digital. Lewat kiat ini, satu website bisa diletakkan di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Kiat ini diyakininya bisa menolong tingkatkan pemasaran layanan atau product.

“Kami mengerti algoritma Google hingga menuntut kami sebagai tim digital marketing untuk selalu menyesuaikan dengan pergantian algoritma mesin pencari, ” kata Anthony.

Dari kiat SEO ini pulalah Anthony memperoleh banyak calon pelanggan, serta memperoleh kontaknya dari mesin pencari. Anthony memanglah tidak main-main menggerakkan bisnisnya. Di tangannya, timnya sudah sukses memberi jalan keluar digital marketing untuk sebagian client dari beragam industri, seperti service transportasi, tekstil, hotel, kontraktor, paket makanan, dsb.

Belum lagi service personal branding serta kiat kampanye politik yang ia berikanlah untuk beberapa kandidat pilkada (Pilkada), pimpinan organisasi profesi, sampai satu diantara kandidat calon presiden Indonesia.

Tetapi, waktu di tanya masalah keuntungan, Anthony malas mengutarakannya. “Bisnis kan tidak hanya masalah keuntungan serta jejeran nama client, ” tuturnya.

Anthony sukses menunjukkan diri dengan buka kesempatan usaha untuk beberapa rekannya, dan kesibukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang teratur ia gelar.

Dalam aktivitas bangun usaha, Ia juga mempunyai peran yang besar pada dunia organisasi kepemudaan Indonesia. Ia juga ikut aktif dalam jadi sisi dari organisasi kepemudaan internasional yang terafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bernama Junior Chamber International (JCI). Ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden JCI Jakarta.

Terkecuali JCI, ia juga ikut aktif di organisasi entrepreneur muda paling besar serta tertua di Asia Tenggara yaitu Himpunan Entrepreneur Muda Indonesia (HIPMI), serta Ketua Bagian Pemberdayaan Startup & Inkubator Perhimpunan Layanan Kantor Berbarengan Indonesia (PERJAKBI).

Ia juga mengharapkan supaya industri yang ia tekuni bisa berkembang tambah baik dengan support pemerintah. “Pemerintah mesti memfasilitasi industri kreatif digital untuk lalu dapat bangun system dalam mensupport UKM (usaha kecil menengah) di Indonesia. Ini utama agar ekonomi kita dapat maju serta berkompetisi di pasar bebas, ” katanya.

Walau service usaha serta pemikirannya sudah memberi peran positif, Anthony tidak henti berjuang untuk membawa mimpinya lebih tinggi.

“Ibaratnya, sistem wujudkan mimpi itu seperti naik elevator. Kita ketahui lantai yang kita menuju. Tak tahu lift itu rusak di dalam jalan, penuh sesak, korsleting, atau bahkan juga kita wafat di dalamnya, kita bakal tetaplah hingga di lantai yang kita kehendaki. Konsentrasi yaitu kuncinya, ” katanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *