Tips Mudah Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur

Mostafazizi.com – Harus Anda tahu bahwasanya masa subur wanita setelah haid atau pun menstruasi adalah masa maupun fase yang cukup penting sekali bagi para wanita. Sebab bagi para wanita atau pun sepasang suami istri masa subur inilah adalah masa maupun fase yang paling tepat untuk melakukan hubungan intim bila ingin memiliki keturunan. Hal yang demikian ini karena wanita lagi ada pada puncak kesuburannya, sehingga prosentase kehamilannya pun menjadi sangat tinggi. Apalagi bila ditambah sperma dari pria itu sendri yang sedang ada pada kondisi yang cukup prima, sehingga hasil yang didapatkannya pun menjadi lebih maksimal. Namun sayangnya, masih ada banyak pasangan yang masih belum menyadari atau bahkan masih belum tahu kapan masa subur ini akan datang. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan informasi mengenai bagaimana menghitung masa subur haid tidak teratur.

Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur

Menghitung Masa Subur Setelah Haid Dengan Cara Matematis

Biasanya akan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghitung dan juga menentukan kapan Anda mengalami masa subur tersebut. Namun, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menggunakan kalkulator masa subur. Sekarang ini Anda pastinya bisa mendapatkannya dengan sangat mudah, baik secara online atau pun dalam bentuk aplikasi pada ponsel Anda. Namun, pada dasarnya perhitungan masa subur dengan cara ini pun tidak terlalu sulit, sebab rumusnya juga cukup sederhana.

Masa subur wanita setelah haid ini dibagi jadi dua jenis, yakni pada puncak masa subur dan juga masa subur biasa. Yang mana puncak masa subur ini biasanya akan terjadi pada 13 hari sehabis mengalamai haid hari pertama. Sedangkan untuk masa subur biasa akan terjadi kurang lebih 3 hari sehabis atau pun sebelum menuju puncak masa subur tersebut. Baiklah agar lebih mudah, kami akan memberikan contoh bahwasannya haid hari pertama adalah pada tanggal 10.

Dengan begitu, diketahuilah bahwasannya puncak dari masa subur diperkirakan akan terjadi di tangga 23 bulan itu, sedangkan masa subur umumnya akan terjadi di tanggal 20, 21, 22, 24, 25, dan 26. Kesimpulannya ada pada bulan itu masa subur wanita terjadi dimulai dari tanggal 20 hingga 26. Namun, rumus menentukan masa subur wanita sehabis haid tersebut hanya akan berlaku bagi mereka yang memiliki siklus haid teratur.

Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Pada Wanita

Nah, buat Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur, maka Anda harus melakukan perhitungan yang agak sedikit rumit. Sebab, Anda masih harus mencatat dan juga mengingat siklus haid Anda tersebut sekurang-kurangnya selama 6 bulan terakhir. Bila sudah, silakan tentukan kapan siklus terpendek Anda, dan juga siklus terpanjang Anda. Lalu, untuk siklus terpanjang Anda bisa dikurangi edngan angka 11, dan hasilnya adalah hari paling subur terakhir pada siklus haid terakhir Anda. Sedangkan siklus terpendeknya bisa Anda kurangi dengan angka 18, dan Anda akan mendapat hari pertama masa subur Anda di bulan tersebut.

Silakan juga baca artikel menarik ini – solusi cepat hamil.