Manfaat Merenung

manfaat merenung

Manfaat Merenung. Kemampuan untuk dengan jujur dan dengan tenang merenungkan hidup kita sendiri adalah salah satu alat yang paling berguna untuk mengembangkan kepribadian. Perenungan atau refleksi berarti menghidupkan kebenaran tentang sesuatu yang sungguh terjadi. Merenung hampir sama dengan meditasi dalam hal bahwa anda membiarkan kebenaran saat ini muncul ke permukaan tanpa bias atau tujuan-tujuan pribadi .

Merenung memungkinkan Anda melihat kontribusi anda sendiri terhadap suatu masalah , melihat yang dapat anda perbuat untuk mengatasinya, dan melihat titik-titik gelap dalam pemikiran anda. Merenung membantu anda menghilangkan kecenderungan apapun yang mungkin ada untuk menyalahkan orang lain atas kesalahan anda senidir , meminta maaf, dan menghilangkan kebiasaan buruk.

Berikut ini Manfaat Merenung, antara lain:

Manfaat merenung, pertama kita akan mengungkap banyak sekali hakikat. Hakikat ini bisa berupa hal yang baru, yang belum pernah dibahas oleh siapapun. Banyak sekali pemikiran besar yang muncul hanya karena sebuah renungan. Juga kata-kata bertenaga yang dikeluarkan oleh orang besar, saya yakin kata-kata itu muncul dari sebuah perenungan yang panjang. Sebagian besar tulisan saya juga hanya didasari oleh perenungan.

Manfaat merenung, kedua akan membebaskan pikiran dari kesedihan, kekalutan, dan kecemasan. Sebuah perenungan adalah upaya pemaksaan untuk menghayati permasalahan yang ada. Dengan itu, kita mencari penyebab, solusi dan sudut pandang yang lain. Kita tidak mungkin memikirkan dua hal pada satu waktu. Pemikiran atau penghayatan kita terhadap sebuah permasalahan, mau tak mau akan menggeser kesedihan, kekalutan dan kecemasan yang ada.

Manfaat merenung, ketiga akan membebaskan seseorang dari kejelekan dan mengisinya dengan kebaikan-sebagaimana yang tercantum di awal-. Dengan merenung, kita akan memaknai hukum sebab akibat, bahwa keburukan akan berakibat keburukan dan kebaikan akan berakibat kebaikan. Dan semuanya berasal dari jiwa. Jiwa yang penuh kebaikan, tercermin dari perbuatan dan perkataannya. Sedang jiwa yang penuh dengan keburukan, akan tampak pada wajah dan tingkah lakunya. Sebuah perenungan, adalah upaya untuk membuat jiwa kita menjadi lebih baik.

Manfaat merenung, keempat dengan merenung, kita akan menemukan kekayaan jiwa. Sebuah perenungan yang dalam, akan melahirkan sebuah kesadaran tentang hidup. Yaitu hakikat sebuah perjalanan yang sedang kita lakukan. Sebuah perjalanan yang seharusnya tidak diisi dengan sesuatu yang tercela dan tidak bermanfaat. Dengan itu, kita akan mengetahui tidak ada manfaatnya iri kepada orang lain yang dalam hal duniawi diatas kita. Kita akan mengetahui bahwa diri kita begitu kaya. Betapa banyak kenikmatan yang diberikan kepada kita.

Manfaat merenung, kelima dengan merenung, kita akan menemukan hiburan. Jiwa manusia, secara tabiat membutuhkan hiburan. Tujuan berhibur adalah menemukan kegembiraan, dan salah satu sarananya adalah dengan perenungan. Betapa banyak manusia yang didera kesulitan dan musibah yang masih mampu tersenyum. Menurut saya, ini dikarenakan mereka masih memiliki sebuah harapan. Darimana mereka menemukan bahwa masih ada harapan? Salah satunya adalah dari perenungan.

Istri saya, Kris, seorang wanita pengusaha yang luar biasa , memasukkan kekuatan perenungan kedalam kehidupan sehari-harinya. Ia duduk dengan tenang dan membiarkan kebijakannya memberikan saran dan nasihat tentang bagaimana ia dapat memperbaiki dirinya sendiri dan atau kinerjanya. Dengan cara ini ia tidak akan mengulangi kesalahannya , seperti yang biasanya kita lakukan , tetapi membuat penyesuaian-penyesuaian yang tepat yang mengantarnya menuju keberhasilan.

Manfaat Merenung

Untuk menyertakan perenungan kedalam kehidupan bisnis anda, yang Anda butuhkan hanyalah kehendak untuk mengerjakannya. Anda harus mempunyai kemauan yang tulus untuk bersikap jujur kepada diri sendiri dan kemampuan untuk mematikan “ kebisingan “ yang ada dalam diri anda selama beberapa menit setiap hari. Begitu Anda mulai duduk dengan tenang, anda akan mendapati naiknya wawasan ke permukaan pikiran anda . perhatikan tiap wawasan itu , dan simpan dalam ingatan anda. Segera setelah itu anda akan menuju ke titik-titik pengamatan yang lebih tinggi dan petualangan-petualangan baru.