Screenshot_31

Nasi telah jadi makanan paling utama untuk orang-orang Indonesia. Belum juga lengkap rasa-rasanya apabila makan tanpa ada nasi. Sebagian orang juga memiliki pendapat bila belum juga ketemu nasi seperti belum juga makan. Tetapi banyak pula yang mengatakan kalau makan nasi buat ngantuk.

Perasaan ngantuk serta lemas sesudah makan mungkin saja satu diantara reaksi badan pada sistem perubahan kimia dalam system pencernaan. Hal semacam ini bermakna ini normal berlangsung pada tiap-tiap orang. Tetapi, apakah apakah benar makan nasi buat ngantuk?

Nasi putih yaitu sumber kalori yang bagus. Satu cangkir nasi putih memiliki kandungan sekitaran 165 kalori. Beberapa besar kalori dalam nasi datang dari karbohidrat, dengan kandungan karbohidrat per porsinya sebesar 35 gr.

Karna tinggi juga akan kandungan karbohidrat serta kalori, jadi nasi putih umumnya jadikan menu makanan paling utama. Jadi type makanan pokok, nasi putih dapat memberi sumber daya yang besar untuk badan.

Nasi juga memiliki kandungan protein sebesar 3, 3 gr. Tidak ketinggal, nasi putih memiliki kandungan banyak mineral serta vitamin yang berguna untuk badan seperti vitamin D, zat besi, serat, kalsium, riboflavin serta tiamin.

Jadi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, nasi juga memilki nilai indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemiks sendiri yaitu standard yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan spesifik tingkatkan kandungan gula didalam darah.

Hal semacam ini yang mengakibatkan rasa ngantuk keluar sesudah konsumsi nasi. Kenapa dapat sesuai sama itu? Ini karna badan manusia juga akan bereaksi pada konsumsi nutrisi yang diperoleh.

Badan memerlukan tenaga yang begitu besar untuk memecah komponen karbohidrat yang lalu juga akan di serap oleh beberapa sel badan. Sistem itu bisa menyebabkan penambahan gula darah pada badan. Nah, agar kandungan gula tidaklah terlalu banyak pada badan, organ pankreas juga akan lalu hasilkan hormon yang dimaksud insulin. Insulin dapat tingkatkan kandungan triptofan dalam otak. Setelah itu, triptofan juga akan tingkatkan kandungan hormon bernama serotonin serta melatonin.

Ke-2 hormon ini terkait erat dengan timbulnya rasa mengantuk. Serotonin buat Anda terasa tenang serta nyaman. Sedang melatonin sendiri yaitu hormon yang juga akan di produksi supaya badan dapat beristirahat. Jadi janganlah heran bila sesudah Anda makan nasi, terlebih dalam jumlah yang besar, Anda juga akan terasa mengantuk.

Bagaimana caranya menghindarnya?
Walau makan nasi buat ngantuk, bukanlah bermakna nasi tidak baik sekalipun. Anda tetaplah dapat konsumsi nasi tanpa ada cemas jadi mengantuk. Tersebut beberapa tips menghindar ngantuk sesudah makan nasi yang dapat Anda aplikasikan.

Makan nasi dari beras cokelat, beras merah, atau beras hitam jadi alternatif makanan pokok. Beberapa jenis nasi itu mempunyai nilai indeks glikemik yang lebih rendah dari pada nasi putih. Karenanya, Anda masih tetap dapat mengkonsumsinya tanpa ada takut segera mengantuk. Mengkonsumsi protein yang semakin banyak seperti ikan atau ayam kedalam alur makan. Anda dapat juga konsumsi makanan type lemak yang sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian. Jika Anda terasa lemas atau mengantuk sesudah makan nasi, coba jalan kaki sepanjang 20 menit. Lakukan aktivitias fisik juga akan tingkatkan kandungan daya didalam badan serta mengusir kantuk. Minum air putih seperlunya, karna kekurangan air putih bisa buat Anda makin lemas. Disarankan untuk minum air putih sekitaran delapan gelas /hari. Janganlah makan nasi terlalu berlebih. Upayakan untuk menyeimbangkan jumlah makan dengan nutrisi beda seperti protein rendah lemak, vitamin, mineral, serta serat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *