Ini Bukan Tanda Masa Subur Wanita

mostafazizi.com – Setiap orang memang memiliki alam pikir masing – masing dan memiliki beban yang berbeda-beda. Demikian halnya dengan setiap pasangan. Bahkan pada masing – masing pasangan yang sudah menikah ada yang ingin cepat – cepat punya anak dan juga ada yang tidak ingin cepat memiliki anak. Semua itu berdasarkan latar belakang dan kesiapan mereka tentunya atas kehadiran buah hati di tengah – tengah kehidupan. Apa pun itu mengetahui tanda masa subur wanita perlu diketahui.

Setelah kita membahas tentang cara cepat hamil, bagi Anda yang memang tidak ingin cepat hamil dan lebih memilih untuk tidak hamil dulu karena alasan sesuatu, sebenarnya ada beberapa tanda masa tidak subur wanita. Beberapa tanda masa tidak subur wanita tersebut bisa menjadi tanda agar Anda melakukan hubungan intim di saat tersebut untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dan beberapa tandanya akan kami uraikan dalam informasi di bawah ini!

Ini Bukan Tanda Masa Subur

Hitung dengan rumus masa subur

Jika Anda ingin tahu tanda masa subur, Anda bisa menghitung dengan menggunakan rumus masa subur. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, puncak masa subur terjadi pada hari ke 14 sebelum hari pertama siklus menstruasi bulan berikutnya. Jadi masa tidak subur wanita adalah sekitar 7 hari setelah haid selesai dan 7 hari sebelum haid dimulai.

Ketahui subur tidaknya wanita dari lendir mukosa

Lendir mukosa yang dihasilkan dari organ intim wanita encer. Hal ini bisa diketahui dengan Anda letakkan lendir mukosa tersebut diantara ibu jari dan telunjuk kemudian Anda renggangkan kedua jari Anda. Jika telah Anda renggangkan 1 sampai 2 cm dan putus maka tandanya Anda tidak dalam masa subur.

Pahami suhu basal tubuh Anda

Suhu basal tubuh normal atau tidak ada kenaikan? Saat Anda mendekati puncak masa subur, suhu tubuh Anda akan meningkat antara 0,4-1 36-37 derajad celcius. Kenaikan suhu basal tubuh tersebut terjadi ketika indung telur melepas sel telur yang sudah matang karena pengaruh hormon progesteron pada organ reproduksi wanita.

Sementara masa tidak subur wanita adalah selain 2-3 hari sebelum suhu basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi. Dan jika diraba mulut rahim Anda akan terasa rendah, keras dan tidak berlendir. Wanita yang tidak dalam masa subur biasanya memiliki mood yang tinggi dan lebih sabar.

Subur tidaknya wanita diketahui dari hasrat seksual

Hasrat seksual juga bisa menjadi tanda masa subur. Jika hasrat seksual dalam kondisi tinggi ini bisa jadi tanda bahwa seorang wanita sedang dalam kondisi subur. Akan tetapi sebaliknya ketika seorang wanita tidak memiliki hasrat seksual yang tinggi maka artinya wanita tersebut bukan dalam masa subur.

Semoga bermanfaat. ^_^

Silakan juga baca cara menghitung masa subur haid tidak teratur.