screenshot_20

Jakarta, Sepasang ginjal pada manusia terdapat di sekitaran pinggang. Karena itu, nyeri di sekitaran pinggang kerap dihubungkan dengan rusaknya pada organ berupa kacang buncis itu.

Tetapi butuh dicatat, tak semuanya nyeri pinggang dikarenakan penyakit pada ginjal. Menurut dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, konsultan ginjal serta hipertensi dari PAPDI (Perhimpunan Pakar Penyakit Dalam Indonesia), paling gampang mengenalinya dari letak rasa nyeri.

” Ginjal posisinya di samping. Bila nyerinya di dalam, tentu bukanlah lantaran ginjal, ” terang dr Tunggul dalam temu media di Matraman, Jakarta Timur, beberapa waktu terakhir.

Terkecuali dari tempat rasa nyeri, penyakit pada ginjal dapat juga diidentifikasi dari kontrol urine. Ada protein pada urine, atau dimaksud dengan proteinuria, adalah aspek resiko terjadinya rusaknya manfaat ginjal sebagai penyaring kotoran dalam darah.

Rusaknya ginjal yang telah dibarengi dengan proteinuria, menurut dr Tunggul telah tak dapat dipulihkan. Yang dapat dikerjakan pada keadaan itu yaitu menjaga supaya rusaknyanya tak makin kronis. Oleh karena itu, mesti dihindari.

” Jadi bila letak nyeri tak mensupport, lalu urine juga normal, bermakna ginjal tidak permasalahan, ” kata dr Tunggul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *