Mostafazizi.com – Menjaga kesehatan organ pencernaan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan seluruh organ dalam tubuh, seperti jantung, tulang, otak, dan organ vital lainnya. Dalam menjaga organ pencernaan tidak bisa sembarangan, haruslah dengan cara yang benar namun bisa dilakukan dengan sederhana. Sebelum organ pencernaan, seperti lambung, memunculkan penyakit atau timbul gejala rasa sakit, ada baiknya jika Anda melakukan penjagaan dan pencegahan, seperti cara menjaga kesehatan lambung. Jadi, sangat dianjurkan untuk menjaga lambung sebelum terjadi kerusakan yang akan membuat tubuh Anda menjadi tidak nyaman.

Lambung itu vital bagi kehidupan, karena lambung adalah organ pencernaan penting. Kualitasnya bisa mempengaruhi sejumlah organ lain.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

1. Makan buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur mengandung banyak serat dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung, makan buah dan sayur ini juga bisa menyehatkan dan menyegarkan badan. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur pula Anda akan bisa melakukan diet dengan baik tanpa merusak aktifitas lambung Anda.

2. Batasi konsumsi lemak dan makanan manis

Anda bisa melakukannya dengan banyak mengkonsumsi gandum utuh. Gandum ini bisa membuat Anda kenyang namun tanpa mengkonsumsi banyak lemak dan makanan manis. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 30% kalori dari lemak.

3. Tetap terhidrasi

Dapatkan cukup cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minum yang sehari-hari Anda makan. Anda bisa mengkonsumsi snack namun tetap perhatikam kandungan gizinya agar tidak membahayak lambung Anda.

4. Hindari stress

Stress sebenarnya tidak bisa dihindari. Setiap saat pasti mengalami stress. Tapi usahakan Anda untuk mengontrol emosi Anda dan melakukan segala aktifitas degan didasarkan pada rasa senang. Tidak stress juga berpegaruh terhadap kesehatan lambung.

5. Kurangi makan pedas dan minum bersoda

Makanan asam dan pedas dapat memicu tingginya asam lambung. Kandungan soda juga tidak baik untuk kesehatan perut.

Dengan memperhatikan dan melakukan ke-5 cara menjaga kesehatan lambung tersebut, kami yakin Anda akan selalu sehat dan bisa mencegah penyakit pada lambung Anda. Semoga.