Berkenalan dengan Digital Publishing

Bagi orang yang sering bersentuhan dengan dunia kepenulisan tentunya tidak asing lagi dengan istilah digital publishing. Namun bila kamu termasuk orang yang belum mengetahuinya, maka sekaranglah saat yang tepat untuk berkenalan dengan digital publishing.

Digital publishing diterjemahkan sebagai penerbitan digital. Yaitu penerbitan buku dalam bentuk ebook atau electronic book. Ya, membaca buku kini tidak selalu dilakukan dengan cara memegang buku tercetak. Fungsi kertas secara perlahan telah tergeser. Apalagi saat ini mayoritas orang sudah memiliki smartphone yang terkoneksi internet.

Keunggulan Digital Publishing

Munculnya tren digital publishing menciptakan peluang besar bagi para penulis untuk menerbitkan karyanya sendiri. Jika selama ini banyak penulis mengalami kegagalan menembus penerbit untuk membukukan naskahnya, maka sekarang penulis bisa menerbitkannya sendiri tanpa bantuan penerbit. Penulis sendirilah yang bertindak sebagai penerbitnya.

digital publishing

Begitu mudahnya membuat ebook, membuat semua orang berkesempatan menjadi penulis dan penerbit. Pembuatan ebook bisa dikatakan nyaris tanpa biaya. Jauh berbeda dengan penerbitan konvensional yang memerlukan biaya tinggi dan waktu yang lama.

Digital publishing merupakan angin segar bagi para penulis dan penggemar membaca. Selama ini, penulis termasuk profesi berpenghasilan kecil karena royalti dari penjualan buku hanya sekitar 10%. Jika buku yang dibuat gagal menjadi best seller, maka pupus sudah impian menjadi kaya dari menulis.

Untunglah ada digital publishing. Hasil penjualan ebook bisa masuk ke kantong penulis dengan persentase lebih banyak. Besaran pembagian ini tentunya bergantung kebijakan penerbit. Umumnya berkisar 70 hingga 80 persen.

Harga sebuah ebook memang lebih murah dari buku cetak. Sangat lumrah karena ebook dibuat dengan biaya jauh lebih murah. Digital publishing berhasil memangkas biaya distribusi. Ebook dipasarkan secara online, sehingga tidak memerlukan transportasi. Biaya yang keluar hanyalah biaya internet.

Sukses Bergantung dari Pemasaran

Perlu dipahami bahwa menerbitkan ebook bukan merupakan jaminan sukses bagi penulis. Jika naskahmu sudah berhasil menjadi ebook, maka langkah selanjutnya adalah menjualnya. Yang dijual adalah salinannya dalam bentuk file. Pembaca atau pembeli membelinya dengan cara mengunduh setelah membayar sejumlah uang seharga ebook tersebut. Uang akan mengalir ke penulis jika ada pembelian. Selama tidak ada yang membeli, maka tidak ada uang bagi si penulis.

Menjual ebook bisa melalui website sendiri, bisa juga melalui marketplace penjual ebook. Penjualan melalui marketplace sangat disarankan karena pengunjungnya banyak. Tujuan pengunjung pun bisa dipastikan untuk mencari ebook. Pilihlah marketplace yang terpercaya sistem keamanannya. Jangan sampai ebook kamu dibajak oleh pihak tak bertanggung jawab.

Setelah berkenalan dengan digital publishing, segeralah bergerak membuat ebook. Jangan menggantungkan nasib naskahmu yang berharga pada penerbit semata. Jadilah penerbit bagi karya-karyamu sendiri. Semakin banyak ebook yang kamu jual, semakin besar kesempatanmu meraih sukses sebagai penulis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *