Screenshot_23

Jakarta – System pengereman saat ini telah banyak yang mengambil tehnologi ABS atau anti-lock braking sistem (ABS). Tehnologi ini dipercaya bisa bikin pengereman lebih aman, terlebih di jalan pasir atau hujan.

Masalahnya, rem ABS, terlebih pada sepeda motor, masih tetap sedikit. Harga nya juga relatif lebih mahal bila dibanding dengan motor di kelas yang sama. Saat ini masih tetap semakin banyak rem standard (cakram non-ABS), bahkan juga masih tetap ada pula yang tromol.

Tetapi demikian, lewat tehnik pengereman yang benar, sebenarnya pemakai motor non-ABS bisa lakukan hal yang sama dengan bila gunakan motor ABS. Karenanya, perlu untuk diketahui dahulu bagaimana prinsip kerja system pengereman mutakhir ini.

Logika kerja ABS yaitu bikin piston tak menghimpit berlebihan ke piring cakram dengan pertolongan sensor. Jadi walau rem ditekan kuat-kuat, tetapi piston akan tidak mengunci statis, tetapi lakukan gerakan ” mengocok ” dengan mengencang-kendurkan desakan.

Implikasinya, perputaran roda akan tidak berhenti mendadak.

Dengan mengerti prinsip ini, jadi sebenarnya pemakai rem non-ABS tinggal lakukan tehnik pengereman lewat cara tekan-lepas-tekan-lepas hingga kendaraan betul-betul berhenti. Ini serupa dengan ” kocokan ” yang dikerjakan piston.

Pasti ia akan tidak sama persis. Pasalnya, pada rem ABS sistem tekan-lepas bahkan juga bisa berlangsung 15 kali perdetik, yang akan tidak dapat disamai dengan cara manual. Tetapi pasti ini lebih bermanfaat daripada menghimpit rem demikian saja.

” Serta ingat untuk roda dua pengereman mesti dalam kondisi motor berdiri tegak, tak miring, ” ungkap Boy Falatehansyah, Owner sekalian Intruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pada Liputan6. com, Februari lantas.

Nah, bila sudah mengetahui tehnik pengereman ini, janganlah lupa dicoba, ya!

sumber : Liputan6. com,

Yuk cek produk kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek yuk kendaraan masa depan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek juga kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Baca juga artikel kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Klik Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel untuk kendaraan masa depan !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *