Aplikasi Desain Void untuk Visualisasi Ruangan

Aplikasi desain void penting untuk rancangan rumah minimalis mewah. Void merupakan ruang kosong yang memotong kontinuitas antar lantai. Dengan adanya bukaan ini, pandangan ruang pun akan terlihat lebih leluasa. Desain ruang Void ini menjadi salah satu mempertegas kemegahan desain di dalam rumah Anda, karena secara psikologis di dalam ruangan yang terdapat desain void, orang akan berhenti dan memperhartikan dengan durasi yang cukup lama. Maka hal ini adalah salah satu alasan yang kuat jika lebig memperindah desain ruangan ini.

Aplikasi Desain Void untuk Visualisasi Ruangan

Aplikasi Desain Void untuk Visualisasi Ruangan (sumber: houzz)

Secara fungsional, ketinggian ekstra void mengalirkan udara secara vertikal, dan juga mengundang cahaya alami. Sebaran udara panas terangkat ke atas melalui lubang kosong void, kemudian keluar rumah melalui klerestori (jendela dekat atap).

baca juga: Jasa Desain Rumah Memegang Peranan Krusial, Butuhkah Anda?

Sebagian ruang terbuka pada desain void bisa diposisikan untuk tujuan apa saja. Namun terutama adalah efek kontinuitas antar lantai bangunan. Desain ini memudahkan penghuni rumah saling berkomunikasi, baik dari lantai satu ke lantai dua, maupun juga sebaliknya.

Oleh karena itu, di bawah void lantai kedua mungkin ditempatkan ruang keluarga dan ruang tamu. Jika rumah berukuran besar sebaiknya void diberikan interior tertentu, agar tidak tampak kosong atau lowong. Atrium di dekat tangga dapat dihiasi sebidang taman kering atau kolam ikan.

Anda bisa menambahkan detail-detail yang dapat memperindah desain void agar tidak terkesan kosong. Ornament-ornamen yang mampu memberikan kesan yang secara estetik bernilai baik.

Namun jangan lupa untuk memikirkan maintenance dari ruang dengan desain void ini. Misal, apakah anda punya pekerja di rumah untuk mengganti lampu yang tinggi sekali? Jika tidak gunakan lampu yang mudah Anda jangkau, atau pikirkanlah dengan cara lain. Jika anda bingung, mungkin ada baiknya menyerahkan hal ini ke jasa professional.

Berfungsi penting bagi kenyamanan penghuni, terdapat pula sejumlah ketentuan saat menginginkan void di dalam rumah. Mulai dari ukuran dan luas rumah, lokasi desain void, pilihan finishing dan aksesorinya, serta faktor keamanan. Struktur konstruksi perlu dirancang secara aman, namun tetap efisien sesuai kualitas ruang yang diinginkan.

Maka dengan desain void yang tepat, maka ruang terasa lebih lega dan lapang, interaksi sosial terjadi secara visual, serta sebagai ruang transisi atau penghubung.