Apakah Bedak Bayi Berbahaya ?

bahaya bedak bayi

Apakah Bedak Bayi Berbahaya?.. Selain mengharumkan, bedak bayi juga berfungi mengurangi kelembapan pada kulit, terutama pada pantat bayi setelah berganti popok. Kebanyakan bedak bayi berbahan baku talk, yang mengandung beberapa pertikel mineral serupa dengan asbes sehingga bisa berbahaya bila sering terhirup dan tertimbun didalam paru-paru bayi, Penyakit yang terjadi yaitu pneumonia yang tentu saja sangat berbahaya bagi si bayi. Selain itu bahaya bedak bayi ini juga bisa menjadi pencetus kanker paru-paru.

Apakah Bedak Bayi Berbahaya?

  • Bahaya bedak bayi bisa memicu kanker ovarium

Dari studi yang dilakukan American Academy of Pediatrics menyimpulkan beberapa laporan bahwa jika bedak bayi dengan bahan dasar talk ini berbahaya karena dapat menimbulkan kanker ovarium di masa mendatang.

  • Cara Mengatasi Bahaya Bedak Bayi

Pastikan Bedak bayi anda bebas talc. Sebelum bunda membeli bedak bayi ada baiknya selalu meneliti dalam membeli. Carilah bedak bayi yang tidak mengandung bahan baku talk. Jika anda beruntung coba pilih yang berbahan dasar Cornstarch.

  • Jangan menabur langsung pada bayi.

Usahakan ketika bunda menaburkan bedak pada bayi agar tidak menabur secara langsung ke tubuh si bayi. Tuangkan dulu bedak bayi pada tapak tangan bunda, jauhkan dari muka buah hati anda. Baru setelah itu kita bisa membaluri tubuh si bayi dengan bedak. Cara ini bertujuan agar jangan sampai banyak bedak bayi yang terhirup oleh si bayi.

  • Jangan menaburi bedak di area kemaluan.

Sebaiknya bunda jangan menaburkan bedak di daerah kemaluan si bayi, karena walaupun belum ada penelitian yang resmi bahwa talc bisa menimbulkan kanker ovarium namun ada baiknya jangan melakukan hal ini. Bedak bayi yang menumpuk di sekitar selangkangan si buah hati dapat akibatkan iritasi.

Apakah Bedak Bayi Berbahaya?

Nah itu tadi pembahasan tentang Apakah Bedak Bayi Berbahaya.. bagaimana menurut anda? adakah cara lain yang bisa menghindarkan bahaya bedak pada bayi anda?  semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini dengan bunda yang lainnya ya. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *