4 Cara Berpikir yang Bisa Membantu Anda untuk Hidup Hemat

Liputan6.com, Jakarta Kini, hidup hemat seolah menjadi kewajiban kalau Anda ingin bertahan hidup dengan penghasilan yang tidak seberapa. Ada banyak tips hemat sehari-hari yang sering kita dengan, namun, pada kenyataannya tidak mudah untuk menerapkan seluruh tips tersebut.

Supaya Anda dapat menerapkan berbagai tips hidup hemat, ada satu hal yang perlu Anda lakukan, salah satunya dengan merubah pola pikir. Jika Anda menanamkan lima cara berpikir berikut ini dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda bisa menerapkan tips hemat apapun.

1. Coba hitung pengeluaran Anda selama setahun
Sering sekali karena dirasa kecil, Anda dengan mudah membuang uang begitu saja. Contohnya, Anda nongkrong tiap hari kerja di kafe dan mengeluarkan uang Rp 50 ribu. Bila dihitung selama 12 bulan dengan 20 hari kerja dalam sebulan maka Anda telah menghabiskan Rp 12 juta

2. Pikirkan berapa gaji diri sendiri per jam
Kalau Anda mengetahui berapa gaji Anda dibayar setiap jam-nya, Anda akan berpikir dua kali saat mengeluarkan uang untuk belanja yang tidak penting. Misalnya, gaji Anda Rp 5 juta per bulan. Anggaplah hari kerja 20 hari per bulan, maka gaji Anda per hari adalah Rp 250 ribu. Jika 1 hari terdiri dari 8 jam kerja, maka gaji Anda sekitar Rp 30 ribu per jam.

Apakah Anda rela membuang beberapa jam kerja jerih payah Anda untuk belanja baju bagus yang tidak perlu dibeli setiap minggu?

3. Ubah pola pikir menabung
Secara psikologis, orang lebih senang saat mendapatkan sesuatu yang berharga daripada menabung. Nah, coba Anda gunakan trik psikologis untuk pola pikir diri sendiri. Daripada Anda berpikir dapat menghemat Rp 1 juta per tahun dengan berhenti merokok, ubahlah pikiran Anda. Anda dapat mendapatkan bonus Rp 1 juta di akhir tahun karena berhenti merokok. Lama kelamaan Anda akan merasa lebih senang dan semangat untuk bergaya hidup hemat.

4. Berikan makna atas pengeluaran yang Anda lakukan
Saat mengeluarkan uang, cobalah berhenti sejenak untuk berpikir, apa yang sungguh-sungguh Anda dapatkan dari membeli barang atau jasa tersebut? Ketika Anda mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak berguna, Anda akan mudah lupa akan terjadinya pengeluaran tersebut dan berujung pemborosan.
Membayar Rp 1 juta untuk makan malam romantis merayakan ulang tahun pasangan akan lebih terkesan dan membawa manfaat dibandingkan mengeluarkan Rp 400 ribu per minggu untuk beli baju baru yang jarang dipakai.

Salah satu cara berhemat yang mudah adalah menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan promo diskon atau casback hanya pada transaksi yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *